Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Bookmark and Share
Tips Merawat Bayi Baru Lahir 

Kelahiran bayi adalah anugerah bagi orangtua dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Bayi yang baru lahir akan disambut dengan suka cita dan menjadi peristiwa yang membahagiakan bagi keluarganya. Setelah proses kelahiran yang menegangkan, tahap selanjutnya adalah merawat bayi dengan baik. Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh orangtua yang memiliki bayi yang baru lahir. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah saat bayi buang air besar dan buang air kecil. 

Bayi baru lahir yang mendapatkan ASI yang cukup dari ibu memiliki frekuensi buang air besar yang lebih sering sebab ASI mengandung zat laksansia yang memperlancar buang air besar sehingga membantu membersihkan zat kuning (bilirubine) dari tubuh bayi. Hal yang perlu diperhatikan adalah warna serta keadaan saat bayi buang air besar: Jika tinja bayi mengandung lendir, berbuih, terdapat darah dan tinja hanya air saja secara terus-menerus, perut kembung dan sulit buang air besar, warna tinja agak putih. Pada keadaan ini, bayi memerlukan bantuan tenaga kesehatan sambil tetap diberikan ASI. 

Bayi sehat dan kebutuhan minumnya cukup seharusnya sering buang air kecil, warna air seni kuning jernih. Perhatikan jika bayi tidak buang air kecil dalam 24 jam pertama sejak lahir, bayi mengedan menangis setiap akan buang air kecil, dan jika air seni berwarna kuning pekat atau merah, segera bawa bayi kepada petugas kesehatan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar